Jumat, 03 September 2010

JIKA TIDAK MELIHAT TANDA-TANDA LAILATUL QADAR APAKAH MASIH MENDAPATKAN KEUTAMAANYA ?

JIKA TIDAK MELIHAT TANDA-TANDA LAILATUL QADAR APAKAH MASIH MENDAPATKAN KEUTAMAANYA ?
oleh Abdullah Afif pada 04 September 2010 jam 0:52

بسم الله الرحمن الرحيم



Ulama berbeda pendapat, apakah Lailatul Qadar mempunyai tanda-tanda yang nampak kepada orang yang mendapatkannya atau tidak.

Adapun tanda-tandanya ialah:

Ada yang mengatakan:
- Ia dapat melihat segala sesuatu bersujud.

Ada yang mengatakan:
-Cahaya bersinar disembarang tempat, hingga di tempat- di tempat yang gelap.

Ada yang mengatakan:
- Ia mendengar ucapan salam dan percakapan para malaikat.

Ada yang mengatakan:
Dpenuhinya doa orang yang bisa mendapatkan lailatul Qadar.

Imam ath Thabari memilih pendapat yang mengatakan bahwa itu bukan merupakan keharusan..

Ulama juga berbeda pendapat, apakah bisa mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar bagi orang yang melakukan Qiyam pada malam itu, meskipun tanda-tanda apapun tidak nampak kepadanya, atau ia bisa mendapat keutamaannya jika tanda-tanda itu nampak kepadanya.

Ath Thabari, al Mulahhab, Ibnul 'Arabi dan sejumlah ulama memilih pendapat yang pertama.
Namun lebih banyak ulama memilih pendapat yang kedua.

Hadits riwayat Imam Muslim dari shahabat Abi Hurairah memberikan petunjuk kepada pendapat yang kedua.
Adapun riwayatnya sebagai berikut:

حدثنى محمد بن رافع حدثنا شبابة حدثنى ورقاء عن أبى الزناد عن الأعرج عن أبى هريرة عن النبى -صلى الله عليه وسلم- قال « من يقم ليلة القدر فيوافقها - أراه قال - إيمانا واحتسابا غفر له ».

"...Dari Abi Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda: "Barang siapa qiyam pada Lailatul Qadar dan dia tepat/pas melakukannya pada lailatul Qadar, Abu Hurairah berkata: Aku berpendapat bahwa beliau bersabda: dengan iman dan mengharapkan pahala maka dia akan diampuni".

Imam Nawawi berkata: Makna dari
فيوافقها ialah dia mengerti bahwa malam itu adalah Lailatul Qadar dan dia tepat/pas melakukannya pada Lailatul Qadar. Namun mungkin juga yang dimaksud ialah dia tepat/pas melakukannya pada Lailatul Qadar meskipun dia sendiri tidak mengerti bahwa malam iitu adalah Lailatul Qadar.

Sumber:
-Shahih Muslim (http://islamport.com/d/1/mtn/1/77/2838.html?zoom_highlightsub=%22%E3%E4+%ED%DE%E3+%E1%ED%E1%C9+%C7%E1%DE%CF%D1+%DD%ED%E6%C7%DD%DE%E5%C7%22)

-Fat-hul Bari (http://islamport.com/d/1/srh/1/48/1720.html?zoom_highlightsub=%22%E6%DE%CF+%C7%CE%CA%E1%DD+%C7%E1%DA%E1%E3%C7%C1+%DD%ED+%E1%ED%E1%C9+%C7%E1%DE%CF%D1+%C7%CE%CA%E1%C7%DD%C7+%DF%CB%ED%D1%C7+%22)

Adapun teks asli dari kitab Fat-hul Bari adalah sebagai berikut:
واختلفوا هل لها علامة تظهر لمن وفقت له أم لا فقيل يرى كل شيء ساجدا وقيل الأنوار في كل مكان ساطعة حتى في المواضع المظلمة وقيل يسمع سلاما أو خطابا من الملائكة وقيل علامتها استجابة دعاء من وفقت له واختار الطبري أن جميع ذلك غير لازم وأنه لا يشترط لحصولها رؤية شيء ولا سماعه واختلفوا أيضا هل يحصل الثواب المرتب عليها لمن اتفق له أنه قامها وأن لم يظهر له شيء أو يتوقف ذلك على كشفها له وإلى الأول ذهب الطبري والمهلب وابن
العربي وجماعة وإلى الثاني ذهب الأكثر ويدل له ما وقع عند مسلم من حديث أبي هريرة بلفظ من يقم ليلة القدر فيوافقها وفي حديث عبادة عند أحمد من قامها إيمانا واحتسابا ثم وفقت له قال النووي معنى يوافقها أي يعلم أنها ليلة القدر فيوافقها ويحتمل أن يكون المراد يوافقها في نفس الأمر وأن لم يعلم هو ذلك وفي حديث زر بن حبيش عن بن مسعود قال من يقم الحول يصب ليلة القدر وهو محتمل للقولين أيضا وقال النووي أيضا في حديث من قام رمضان وفي حديث من قام ليلة القدر معناه من قامه ولو لم يوافق ليلة القدر حصل له ذلك ومن قام ليلة القدر فوافقها حصل له وهو جار على ما اختاره من
تفسير الموافقة بالعلم بها وهو الذي يترجح في نظري

Demikianlah, semoga bermanfaat.
والله أعلم

25 Ramadlan 1431 / 4 September 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar